Home Efek Berhenti Merokok pada Kesehatan Tubuh

Efek Berhenti Merokok pada Kesehatan Tubuh

Kronologi, Jakarta – Merokok adalah hobi bagi sebagian orang. Padahal merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Karena banyak efek buruk yang disebabkan oleh merokok, pemerintah berusaha mengurangi konsumsi rokok. Mulai dari aturan iklan rokok, aturan pengemasan rokok, hingga larangan merokok di tempat umum, tetapi semua itu belum berhasil karena masyarakat sudah cinta dengan rokok.

Padahal berhenti merokok memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tak terduga dari berhenti merokok yang dikutip dari halaman Healthcare:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit mematikan, salah satunya disebabkan oleh merokok. Setelah orang berhenti merokok 10 tahun kemudian, risiko penyakit jantung akan sama dengan orang yang tidak pernah merokok.

2. Menghaluskan sistem pernapasan

Aktivitas paru-paru akan meningkat 10 persen dari kondisi normal dalam periode 9 bulan merokok. Bahaya merokok untuk bernapas umumnya hanya terasa setelah usia perokok meningkat. Saat berhenti merokok, sistem pernapasan menjadi lebih halus dan batuk berkurang.

3. Tingkatkan Kesuburan

Kualitas sperma pria yang tidak merokok memiliki kualitas lebih tinggi. Terutama bagi wanita yang tidak merokok, akan membuatnya lebih mudah untuk hamil dan mengurangi risiko keguguran. Kondisi ini dikaitkan dengan lapisan uterus yang lebih kuat.

4. Kembalikan Rasa Rasa

Kemampuan indra perasa bagi perokok akan berkurang karena zat yang terkandung dalam tembakau. Hanya satu cara untuk mengatasinya adalah berhenti merokok.

5. Penuaan Lambat

Kandungan nikotin dan bahan kimia dalam rokok membuat kulit kusam dan tidak sehat. Penelitian menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat mengurangi kerutan dan wajah akan terlihat lebih segar.

6. Mengurangi Stres

Cukup sering seseorang merokok dengan alasan mengurangi stres yang mereka alami. Padahal, nikotin dapat mengganggu sel-sel otak, menyebabkan stres. Ini bisa dialihkan dengan mengonsumsi buah, permen, atau cokelat.

7. Panjang Umur

Berdasarkan penelitian, orang yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit berbahaya, seperti kanker paru-paru, kanker hati, dan bronkitis akut. Jadi dengan berhenti merokok akan meningkatkan potensi umur panjang.

Itulah beberapa manfaat dari berhenti merokok bagi tubuh. Untuk perokok, mereka dapat mulai merokok sekarang untuk kesehatan diri dan orang yang mereka cintai.

Penulis: Neni

Latest articles

Prediksi Astrologi 12 Zodiak pada Juli 2020

Ini adalah gambaran umum prediksi astrologi Anda untuk bulan berikutnya. Beberapa zodiak akan mengalami pasang surut, dan yang lain memiliki peluang bagus yang harus...

Cara Mencegah Jerawat Karena Sering Memakai Masker Mulut

Saat ini setiap orang harus mengenakan topeng untuk melindungi saluran pernapasan. Apakah Anda memiliki gejala penyakit atau tidak, Anda disarankan untuk selalu menggunakannya untuk...

30 Ucapan dan Puisi Selamat Ulang Tahun Jakarta 2020

Sebagai ibu kota Republik Indonesia, tentu saja Jakarta tidak hanya dimiliki oleh warga ibukota, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Semua jenis situasi di kota...

Arti Kecantikan Wanita Menurut Sains

Selama berabad-abad, manusia telah terpesona oleh apa yang membuatnya menarik. Kulit yang tampak muda, mata yang cerah dan otot yang bagus, adalah beberapa indikasi...