Home Hantavirus Adalah Virus Yang Tidak Menyebar Di Antara Manusia, Mengenali 4 Sumber...

Hantavirus Adalah Virus Yang Tidak Menyebar Di Antara Manusia, Mengenali 4 Sumber Penyebaran

Kronologi, Jakarta – Sebuah virus baru, hantavirus yang membunuh seorang pria di China telah memicu kekhawatiran publik di tengah-tengah virus deona pandemi (covid-19). Munculnya hantavirus tentu menimbulkan kekhawatiran bagi orang-orang di seluruh dunia karena kasus covid-19 belum diatasi.

Tapi tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, Hantavirus dikabarkan tidak sekuat virus korona yang dapat ditularkan antar manusia.

Berdasarkan Pusat Penanganan dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ada empat jenis tikus yang mengirimkan hantavirus ke manusia.

1. Tikus kapas

Tikus kapas atau hispidus sigmodon ini ditemukan di AS tenggara dan menyebar ke Amerika Tengah dan Selatan. Hewan ini lebih besar dari tikus rusa. Ukuran tubuh berkisar 5-7 inci atau sekitar 12,5-18 cm dan panjang ekor sekitar 7,5-10 cm.

Selain itu, tikus kapas memiliki bulu lebih panjang dan kasar dan warna keabu-abuan, atau hitam keabu-abuan. Jenis hantavVirus yang ada pada tikus dengan habitat di semak dan rumput tinggi disebut virus Black Creek Canal (BCCV).

2. Tikus rusa

Mouse ini juga disebut peromyscus maniculatus. Karakteristiknya, memiliki mata dan telinga yang besar serta kepala dan tubuh berukuran sekitar 2-3 cm untuk ukuran kepala, sedangkan untuk ukuran tubuh sekitar 5-7,5 cm.

Tikus dengan panjang ekor mulai dari 5-7,5 cm umumnya memiliki warna abu-abu hingga coklat kemerahan dan ekor memiliki sisi putih yang terlihat jelas. Jenis virus dari tikus yang dapat ditemukan di seluruh Amerika Utara dan gurun ini adalah Sin Nombre (SNV).

3. Tikus beras

Jenis tikus lain yang membawa hantavirus adalah tikus atau padi. Tikus ini memiliki postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan tikus kapas dengan panjang kepala 7,5-15 cm dan panjang ekor 10-18 cm.

Royzomys palustris memiliki ekor yang sangat panjang dibandingkan empat jenis tikus pembawa hantavirus lainnya. Selain itu, tikus-tikus ini memiliki rambut pendek, lembut, berwarna cokelat, dan kaki keputihan.

Tikus yang ditemukan di AS Tenggara dan Amerika Tengah membawa hantavirus yang disebut Bayou (BAYV).

4. Mouse putih

Jenis tikus lain yang membawa hantavirus adalah tikus putih atau peromyscus leucopus. Tikus ini mirip dengan tikus rusa, dan biasanya memiliki ekor dengan panjang 5-10 cm. Bulunya pucat dan ada beberapa coklat putih, kaki putih.

Mouse ini memiliki jenis virus yang disebut virus New York (NYV). Mereka ditemukan di seluruh New England selatan dan Atlantik tengah serta negara-negara selatan, barat dan barat tengah, dan Meksiko.

Selain itu, tikus putih juga menyukai daerah berhutan dan semak-semak, meski terkadang lebih sering hidup di tanah terbuka.

Penulis: Neni

Latest articles

Prediksi Astrologi 12 Zodiak pada Juli 2020

Ini adalah gambaran umum prediksi astrologi Anda untuk bulan berikutnya. Beberapa zodiak akan mengalami pasang surut, dan yang lain memiliki peluang bagus yang harus...

Cara Mencegah Jerawat Karena Sering Memakai Masker Mulut

Saat ini setiap orang harus mengenakan topeng untuk melindungi saluran pernapasan. Apakah Anda memiliki gejala penyakit atau tidak, Anda disarankan untuk selalu menggunakannya untuk...

30 Ucapan dan Puisi Selamat Ulang Tahun Jakarta 2020

Sebagai ibu kota Republik Indonesia, tentu saja Jakarta tidak hanya dimiliki oleh warga ibukota, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Semua jenis situasi di kota...

Arti Kecantikan Wanita Menurut Sains

Selama berabad-abad, manusia telah terpesona oleh apa yang membuatnya menarik. Kulit yang tampak muda, mata yang cerah dan otot yang bagus, adalah beberapa indikasi...